Selasa, 26 April 2011

Sejumlah

Sejumlah Negara dari Asia Selatan dan Tengah menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan event pariwisata Visit Makassar 2011 dan Visit South Sulawesi 2012. Tour operator dan travel writer akan menggali potensi wisata yang ada di Kota Angingmammiri dan mempromosikannya di berbagai Negara. Kasubdit IV Direktorat Asia Selatan dan Tengah, Kementerian Luar Negeri, Yubhar Bakhtir, mengungkapkan, sedikitnya sembilan Negara telah menyatakan kesiapannya yakni India, Pakistan, Bangladesh, Srilanka,Uzbekistan, Pakistan, Kazakhstan, Azerbaijan, dan Iran .

Masingmasing negara akan menunjuk perwakilan guna mendatangkan warganya ke Makassar. “Ini akan membuka mata dunia bahwa bukan hanya Bali dan Jakarta layak dikunjungi di Indonesia, tapi juga ada Makassar, Tana Toraja, dan lain sebagainya,” ujar Yubhar disela-sela ramah tamah dengan jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Makassar.

Dia menambahkan,sebagai langkah awal, dirinya bersama puluhan tour operator dan travel writer, secara khusus datang ke Makassar, guna menggali potensi wisata di Sulsel, sebelum dipromosikan lebih lanjut ke sejumlah negara. Atas nama pemerintah pusat, lanjut dia, pihaknya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Pemkot Makassar, dan Pemprov Sulsel yang dianggap sangat serius menggelar program tahun kunjungan wisata. ”Sudah ada komitmen dari tour operator dan travel writer dari Asia tengah dan Selatan untuk mempromosikan Visit Makassar, Visit South Sulawesi.

Semoga Sulsel bisa bangkit dari sisi parwisatanya,”harap Yubhar. Kepala Disbudpar Makassar, Rusmayani Madjid, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak Kementerian Luar Negeri yang menyelenggarakan famtrip ke Makassar,bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. ”Ini merupakan kebanggaan bagi Pemkot Makassar, dan seluruh warga Sulsel karena Ada famtrip yang diselenggarakan kementerian. Puluhan travel writer dan tour operator dari Asia Tengah dan Selatan siap memberikan kontribusinya dalam mempromosikan Visit Makassar,”tandas dia.

Usai melakukan kunjungan ke Makassar, rombongan ini kemudian melakukan kunjungan wisata di Tana Toraja, serta sejumlah objek wisata di kabupaten/kota lainnya di Sulsel, yang bisa menjadi daya tarik wisatawan kedepannya. Demikian catatan online anabp86 tentang Sejumlah.